Phising:
Jenis penipuan yang dilakukan dengan cara mengelabui korban agar memberikan informasi sensitif seperti password, nomor kartu kredit/ATM atau data pribadi.
Tips Menghindari Phising:
Selalu Periksa Alamat e-mail atau Nomor HP
Jika menerima e-mail, telepon atau SMS/WA dari pihak yang mengaku lembaga tertentu/Bank, periksa dan verifikasi alamat e-mail atau nomor HP, pastikan merupakan alamat e-mail atau nomor resmi.
Selalu Periksa Alamat Link Website
Jika diarahkan untuk mengakses link website tertentu, verifikasi link websitenya dan pastikan link website resmi dari lembaga/Bank.
Jangan Memberikan Informasi Sensitif
Jangan memberikan kode PIN ATM/Mobile Banking, Kode OTP, Nomor Kartu ATM baik melalui isian formulir atau langsung
Jangan Install Aplikasi Selain dari Sumber Resmi
Jika Anda diminta membuka file yang ternyata akan menginstall aplikasi ke device Anda, SEGERA BATALKAN!!!
Aktifkan 2 Factor Authentication, Update Software serta gunakan Password/PIN yang tidak mudah ditebak.
Jika Terlanjur Kena Phising:
- Ubah PIN/Password Mobile Banking
- Matikan jaringan atau matikan smartphone jika terlanjur menginstall aplikasi mencurigakan
- Hubungi Bank atau Nagari Call 150234
- Lapor ke Pihak Berwajib